Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Ketombe. Sebagian besar opsi perawatan ketombe cukup sederhana, seperti menggunakan sampo khusus yang tersedia tanpa resep dokter. Dalam kasus yang lebih serius, atau untuk ketombe yang bermasalah atau keras kepala, orang-orang yang memiliki ketombe terus-menerus yang tidak hilang setelah perawatan ketombe tradisional, atau yang menyebabkan abses atau luka di kulit kepala, mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter kulit.

Apa Penyebab Ketombe?. Ketombe disebabkan oleh proses yang terjadi secara alami di dalam tubuh. Karena kulit secara alami terlepas dari kulit kepala, kadang-kadang kulit menjadi terlihat. Penderita mungkin melihat serpihan di rambut atau pakaian mereka dan dapat menyebabkan kulit kepala gatal yang merupakan kondisi yang dikenal sebagai seborrhea. Ketombe biasanya disebabkan oleh kelebihan produksi minyak atau sebum di kelenjar sebaceous kulit kepala. Ini adalah kelenjar yang membuat minyak dan yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam menumpahkan kulit mati. Ketika seseorang memiliki ketombe, kelenjar sebaceous mereka terlalu aktif, dan mereka cenderung memiliki lebih banyak kulit daripada orang pada umumnya. Ketombe juga dapat disebabkan oleh jamur ragi alami yang dikenal sebagai Pityrosporum Ovale. Sementara jamur ragi ini tidak biasa, jika seseorang memiliki kelebihan jamur ini dalam tubuh, ketombe dapat berkembang. Kondisi yang tidak sedap dipandang juga bisa disebabkan oleh psoriasis atau kekeringan yang berlebihan.

Kapan Harus Mencari Perawatan Ketombe ?

Ketombe biasanya tidak akan hilang dengan sendirinya. Perawatan ketombe bisa sederhana dan efektif. Anda harus mencari perawatan ketombe ketika Anda melihat tanda-tanda ketombe. Kulit kepala biasanya akan hadir dengan penampilan merah atau berminyak dan mengembangkan sisik yang berwarna putih atau kuning.

Sebagian besar dari kita lari ke pasar lokal dan membeli beberapa bahan kimia keras yang mungkin memang memberikan bantuan sementara, tetapi tidak banyak yang benar-benar menyembuhkan akar permasalahan. Jadi, saat berikutnya ketombe muncul, coba gunakan pengobatan alami berikut ini serta langkah-langkah pencegahan yang disarankan untuk mengetahui akar masalahnya. Baca Juga : Lima produk shampo yang dapat mengurangi kerontokan

Cara Mengatasi Ketombe :

  • Goldenseal. Obat herbal yang bagus. Berberin, bahan dalam goldenseal, adalah antibakteri dan anti jamur dan sangat berguna untuk ketombe. Dua sendok teh akar cincang harus ditambahkan.
  • ke secangkir air panas dan kemudian Anda biarkan curam selama 30 menit. Saring dan tambahkan 4 tetes minyak pohon teh.
  • Minyak esensial. Minyak esensial Rosemary dan Lemon juga sangat berguna sebagai salah satu solusi rumah Anda untuk ketombe. Bagi kami, obat ini hanya mencampur beberapa tetes minyak esensial rosemary dan lemon menjadi seperempat cangkir minyak wijen. Pijat campuran ini ke kulit kepala sampai bersih. Biarkan selama 30 menit dan bilas.
  • Tindakan pencegahan. Masih bisa diperdebatkan apakah mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dapat berperan dalam ketombe, tetapi banyak yang percaya itu bisa. Sangat disarankan agar Anda mengurangi jumlah lemak jenuh dalam diet Anda. Ganti ini dengan lemak sehat seperti yang ada di minyak zaitun dan wijen.
  • Ikan adalah tindakan pencegahan lain. Minyak Omega 6 dan Omega 3 penting dan perlu dalam jumlah yang benar. Hari ini kebanyakan dari kita mendapatkan terlalu banyak omega 6 dan terlalu sedikit minyak omega 3. Memasukkan lebih banyak minyak omega 3 ke dalam makanan Anda baik untuk kesehatan umum dan untuk memerangi ketombe. Ambil 2 sendok teh minyak biji rami sehari. Tambahkan ikan, terutama ikan air laut dingin seperti mackerel dan tuna Alaska, ke menu Anda setidaknya dua kali seminggu, 3 kali lebih baik.
  • Fenugreek. Untuk menggunakan obat ini untuk ketombe, rebus 2 sendok teh biji hancur dalam secangkir air. Setelah mendidih biarkan mendidih selama 10 menit dan kemudian saring. Tambahkan setengah sendok teh madu dan minum. Ini adalah ramuan yang kuat jadi jangan berikan kepada anak di bawah enam tahun dan mulailah dengan dosis rendah untuk anak yang lebih tua dan mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Menghindari Ketombe

Perawatan ketombe terbaik mungkin pencegahan. Selalu gunakan sampo yang berkualitas, dan sering-seringlah mencuci rambut untuk mengontrol minyak. Pada tanda pertama ketombe, gunakan sampo anti ketombe sesuai dengan arahan produsen.

Jika Anda benar-benar memiliki kasus ketombe yang parah tidak menanggapi perawatan yang dijual bebas ini, maka Anda perlu mengunjungi dokter spesialis Ketombe. Berkali-kali, dokter spesialis Ketombe juga dapat memberi tahu Anda saran diet dan nutrisi tentang vitamin spesifik apa yang mungkin Anda perlukan untuk menyembuhkan masalah yang Anda alami.

Jika Anda menemukan Anda menggaruk dan mengelupas setelah menggunakan perawatan yang berbeda, bicarakan dengan dokter spesialis Ketombe Anda. Kondisi Anda mungkin merupakan perawatan yang buruk. Untuk kasus ketombe yang benar-benar keras kepala, Anda perlu menemui dokter spesialis rasyog ayurveda Dandruff untuk perawatan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *