Diskusicantik.com,Medan – Seperti telah sering dibahas dalam blog ini, masalah jerawat memang bukan hanya menimpa daerah wajah saja. Jerawat dapat muncul pada area lain kulit tubuh kita.

Dan yang paling umum biasanya adalah pada kulit punggung dan bahu. Menurut sebuah lembaga yang khusus meneliti jerawat, dua-pertiga dari mereka yang menderita masalah jerawat di wajah biasanya juga akan memiliki jerawat pada bahu dan punggungnya. Dan sebelum membahas cara menghilangkan jerawat pada area tersebut

Hal pertama yang harus diketahui adalah  mengenai penyebab dari munculnya jerawat di punggung dan bahu. Ini akan membantu anda dalam memilih pengobatan yang paling tepat nantinya.

Penyebab Umum Jerawat

Berdasarkan yang disampaikan oleh para ahli kulit, bagian wajah, leher, dada, punggung, dan bahu adalah daerah kulit yang paling banyak memiliki jumlah kelenjar minyak fungsional. Dan seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya mengenai penyebab jerawat, jerawat akan terbentuk bila pori-pori kulit tersumbat, sehingga menghalangi minyak untuk dikeluarkan.

Minyak yang terkurung tersebut merupakan lingkungan yang tepat bagi bakteri untuk berkembang. Kondisi ini akan menghasilkan peradangan (ringan hingga berat) yang hasil akhirnya adalah munculnya komedo dan jerawat.

Hal Lain Yang Menyebabkan Jerawat Punggung dan Bahu

  • Keringat

    Ketika anda berkeringat akibat latihan atau kerja fisik berat, maka keringat tersebut dapat bercampur dengan minyak dan racun pada kulit anda. Jika hal ini dibiarkan saja, pori-pori kulit akan tersumbat dan terjadi iritasi kulit, hasil akhirnya tentu saja adalah jerawat. Karena itu sangat dianjurkan untuk membersihkan tubuh anda dengan melakukan mandi setelah berkeringat berlebihan.
  • Kurang bersih ketika mandi

    Bahu dan punggung seringkali menjadi bagian tubuh yang kurang banyak mendapatkan perhatian karena memang agak sulit untuk dijangkau. Tidak heran jika kotoran dan debu masih tetap menempel dan akhirnya menyumbat pori-pori kulit pada bagian tersebut. Karena itu, sangat penting bagi anda untuk membersihkan kulit bahu dan punggung dengan baik ketika mandi. Namun jangan terlalu keras juga ketika menggosoknya, karena bisa menyebabkan iritasi pada jerawat yang sudah terlanjur muncul.
  • Baju dan sprei yang kotor

    Baju tidur dan sprei pada kasur anda juga dapat menjadi pemicu. Karena bersentuhan langsung dengan kulit kita, maka minyak yang dihasilkan oleh kelenjar pada kulit dapat menempel pada baju tidur dan sprei. Minyak yang terus menumpuk selama berhari-hari adalah tempat yang sesuai bagi bakteri untuk berkembang. Pastikan anda mengganti baju tidur dan sprei secara rutin.
  • Jerawat mekanikal

    Hal ini disebabkan oleh iritasi pada kulit dan merupakan penyebab umum untuk jerawat  bahu dan punggung. Terjadi karena gesekan berulang antara benda tertentu dengan kulit. Contohnya adalah seperti ransel dan pakaian ketat. Kondisi ini juga akan semakin parah jika kelembaban tinggi. Jadi hindari memakai pakaian ketat yang membuat kulit anda susah bernafas terlalu sering, apalagi jika anda memiliki aktifitas fisik yang tinggi. Pilih pakaian yang sedikit longgar dengan bahan dingin yang mudah menyerap keringat.